Selasa, 26 Februari 2019

anggapan petani yang keliru terhadap gulma!

Ini menjadi masalah besar karena petani sangat antipati terhadap gulma, ketika petani meliha ada gulma langsung saja dibabat atau dibasmi. akibatnya iklim dibawah tanaman atau iklim mikro tidak terpelihara dengtan baik , sehingga laju evaporasi atau penguapan sangat tinggi yang bisa mempercepat kehilangan air dan kekeringan. ini perlu diberikan pemahaman , khususnya pada tanaman jagung dan tanaman lahan kering lainnya yang ditanaman di Ladang.
          gulma sangat bermanfaat untuk mengurangi kehilangan air sehingga iklim mikro di sekitar tanaman tidak terlalu kering. memang gulma dapat bersaing dalam mengambil hara tanaman.

gulma dapat mengurangi kehilangan air

tapi persaingan itu terjadi ketika tanaman masih kecil yaitu kira-kira sampai 4 minggu setelah tanam. ini bisa disiasati dengan membasmi gulma yang kira-kira dapat menyaingi dalam memperebutkan unsur hara, pengambilan cahaya matahari, adapun ciri-cirinya :
1) Gulma tersebut berpotensi lebih tinggi dari tanaman budidaya sehingga gulma tersebut menaungi tanaman budidaya, kita dapat memangkas atau mencabutnya
2)Gulma yang berada disekitar perakaran tanaman berpotensi menyaingi tanaman budidaya dalam mengambil unsur hara. maka kita dapat membersihkan gulma yang kira-kira berada disekitar area perakaran saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Improve yourself right now. “Kita sering menunda-nunda pekerjaan, rencana yang telah kita buat, keinginan yang kita rencanakan, cita-cita yang harus diwujudkan hanya karena alasan yang kita jadikan buat pembenaran”.

  “alasan yang kita jadikan buat pembenaran”, saya ingin tekankan pada kata ini. Misalnya dulu ketika SMA, saya ingin menjadi pintar ju...